Patroli Ditpolairud di Perairan Permis, Nelayan Diimbau Tidak Bawa Penumpang Mudik

0

Lensabangkabelitung.com, Bangka Selatan – Anggota Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung melakukan patroli di wilayah Perairan Permis Kabupaten Bangka Selatan. Patroli itu sendiri dilakukan dengan menggunakan kapal Ditpolairud KP.XXVIII-2002.

Komandan KP.XXVIII-2002 Brigadir Polisi Resdi Safuan Putra mengatakan patroli perairan tersebut diikuti 5 anggota Ditpolairud dimulai dari dermaga Permis dan dilanjutkan ke Perairan Tanjung Bedawu, Tanjung Berani, Tanjung Parici, Tanjung Nunggul, Tanjung Mentigi, Tanjung Lelari, Perairan Pulau besar, dan Perairan Sungai Balar.

“Kita memberikan himbauan kepada nelayan Perairan Permis untuk sementara tidak membawa penumpang baik dari luar maupun dari Pulau Bangka,” ujar Resdi kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 21 Mei 2020.

Resdi menuturkan Ditpolairud juga melakukan sosialisasi maklumat Kapolri dan mengimbau para nelayan untuk dapat menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

“Kita mengajak peran aktif nelayan untuk bersama-sama menjaga dan saling memberikan informasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar dia.

Para nelayan, kata Resdi, diimbau untuk tetap menjaga kebersihan kapal dan menjauh dari kerumunan atau tempat keramaian serta senantiasa menjaga kebersihan diri setelah beraktivitas dengan mencuci tangan yang benar.

“Selain itu menghindari bersalaman dengan berjabat tangan dan wajib menggunakan masker,” ujar dia.

Resdi menambahkan pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap KM Dea Faisal yang memuat enam orang Anak Buah Kapal (ABK) saat berada di koordinat S.02’53’039″ E.106°4’877″ di Perairan Sungai Balar.

“Belum ada penegakan hukum. Dalam patroli hari ini untuk kegiatan sambang nusa, bantuan fasilitas atau SAR masih nihil,” ujar dia.

Dalam giat KP.XXVIII-2002 Ditpolairud Polda Bangka Belitung hari ini di Perairan Permis dilakukan oleh lima orang personil, yakni Brigpol Resdi Safuan Putra sebagai komandan KP.XXVIII-2002 dengan anggota Brigpol Debi T.P.W, Bripda Bagus, Bharaka Roy Leonard.P, S.H dan Bharatu Roby Kristian.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Share.

About Author

redaksilensa@lensabangkabelitung.com'

Leave A Reply