Patroli Cyber Temukan Postingan Warga Bateng Ungkap Ujaran Kebencian Terhadap Presiden

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Patroli Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung di media sosial Facebook berhasil menemukan adanya postingan ujaran kebencian yang ditujukan kepada Presiden Jokowi.

Direktur Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Kombes Haryo Sugihartono mengatakan pihaknya memproses hukum satu warga Bangka Tengah yang memposting ujaran kebencian tersebut ke Facebook pada tanggal 2 Mei 2020 lalu.

“Berawal adanya temuan kita dalam patroli cyber pada tanggal 2 Mei kemarin kita menemukan posting yang berindikasi kepada ujaran kebencian kepada presiden Jokowi,” ujar Haryo kepada Lensabangkabelitung.com, Senin Kemarin, 4 Mei 2020.

Menurut Haryo, postingan tersebut dianggap sangat memprovokasi sehingga pada akhirnya terindikasi masuk dalam tindak pidana atau permasalahan hukum.

“Kita sudah melakukan lakukan pengkajian dan kemarin kita maraton memeriksa yang bersangkutan dan saksi-saksi yang lain. Sementara pelaku masih saksi namun kita sudah mengarah kearah sana (Tersangka),” ujar dia.

Saat memproses kasus tersebut, kata Haryo, ada masyarakat yang melapor soal postingan tersebut ke Polda Bangka Belitung.

“Laporan kita terima dan yang melapor kita periksa sebagai saksi juga sehingga bisa memperkuat alat bukti atas persangkaan kepada pelaku,” ujar dia.

Haryo menambahkan motif pelaku melakukan ujaran kebencian tersebut bermula saat pelaku berteman dengan akun di Instagram Republik Kecewa. Dalam pertemanan itu, kata dia, banyak postingan di Instagram Republik Kecewa dari tokoh-tokoh yang kontraproduktif.

“Salah satunya postingan video orang yang melakukan tausyiah tapi sudah melenceng dari hakikat isinya. Ada juga meme-meme presiden. Pelaku kemudian memdownload dan dimasukan ke FB pribadinya. Dari pendalaman kita, pelaku termasuk simpatisan tokoh-tokoh yang kontra produktif yang notabenenya lebih mengarah kepada provokasi,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Nico Alp

Share.

About Author

redaksi@lensabangkabelitung.com'

Leave A Reply