Ngaku Sembako, Ternyata Bawa Penumpang, Akal-akalan Sopir Truk Ketahuan di Tanjung Kalian

0

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama mengatakan Tim Khusus Verifikasi Penumpang Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok berhasil menciduk modus akal-akalan penumpang gelap yang bersembunyi di dalam bak truk yang di-setting sedemikian rupa agar dapat ruang kosong yang bisa ditempati sejumlah orang layaknya kamar.

“Seperti yang saya katakan semalam, bukan berarti kita perketat pelabuhan ini lalu semua berjalan seperti apa yang kita bayangkan, tidak, makin canggih kita memperketatnya makin juga orang berpikir bagaimana caranya buat lolos, kan hukum alamnya begitu,” kata Sidarta Gautama kepada Lensabangkabelitung.com, Jumat, 22 Mei 2020.

Sidarta menjelaskan, truk itu masuk dengan cara menyebutkan membawa sembako, sebab truk sembako dikatakan oleh Sidarta memang diprioritaskan untuk boleh masuk terlebih dahulu sebelum diverifikasi, berbeda dengan penumpang dinas dan kriteria lainnya yang harus diverifikasi terlebih dahulu sebelum masuk ke pelabuhan.

“Nah, melihat peluang seperti itu, maka dia berpura-puralah membawa sembako dengan gundukan yang segitu tingginya di mobil truknya, dia pikir kita dak ngecek isinya, semua dirapikannya supaya dak diperiksa, tapi kita (petugas) tetap minta buka,” jelas Sidarta Gautama.

Petugas yang minta isi bak truk tersebut dibuka sebenarnya tidak menyangka, dan hanya ingin memastikan saja jenis sembako apa yang dibawa, apakah sayur atau lainnya, namun ternyata setelah dibuka bagian tengah bak truk tersebut bolong atau lowong seperti ruangan yang setidaknya bisa menampung orang sekitar 3-4 orang untuk berbaring.

“Ada empat atau lima orang penumpang gelap, yang jelas benar itu Pak Danpos yang tahu persis, sudah diserahkan oleh Danpos AL ke kawan-kawan kepolisian, mau dibawa (untuk diproses hukum,-red) rencananya,” ujar dia.

Tertangkapnya penumpang gelap tersebut, Sidarta Gautama mengapresiasi kinerja Tim Khusus Verifikasi Penumpang Pelabuhan Tanjung Kalian yang teliti dan kompak.

“Ini sebuah kemajuan yang luar biasa, karena hampir semua satuan yang tadi turun itu lengkap, sampai dinas perhubungan juga ikut turun, bahu-membahu menjaga situasi agar tetap aman, ini yang harus dipertahankan bila perlu ditingkatkan” ujarnya.

Diketahui, sebelum dibawa ke pihak kepolisian, para penumpang gelap ini sudah dicek suhu tubuh dengan hasil normal meskipun belum di-rapid test.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Share.

About Author

redaksilensa@lensabangkabelitung.com'

Leave A Reply