Informasi Hak Publik, Jubir GTPP Covid-19 Babar Diminta Responsif

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyayangkan dan turut berkomentar terkait ulah juru bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Bangka Barat yang sulit dihubungi dan dikonfirmasi oleh jurnalis.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Bangka Belitung Andi Budi Prayitno (ABP) mengatakan posisi juru bicara berperan penting karena bertugas mengatur dan mendistribusikan alur informasi supaya tidak terhambat atau terlambat.

“Tapi tentu saja sampaikan informasi yang akurat dan valid. Selain itu informasi perlu disampaikan karena terkait dengan keterbukaan informasi publik,” ujar ABP kepada Lensabangkabelitung.com, Senin Malam, 18 Mei 2020.

Dengan keterbukaan informasi publik, kata ABP, ada hak publik disitu untuk mengetahui informasi khususnya perkembangan dan penanganan Covid-19.

“Bukankah sudah ada protokol komunikasi yang dikeluarkan oleh gugus tugas pusat,” ujar dia.

Menurut ABP, juru bicara memberikan informasi kepada publik dengan berbagai cara, seperti melalui media-media informasi, jurnalis hingga lain sebagainya. Jubir, kata ABP, harus membuka informasi yang perlu disampaikan selama bukan informasi yang bersifat rahasia.

“Kalau memang jubir gugus tugas Bangka Barat tidak terbuka atau tidak menyampaikan informasi yang diminta oleh publik atau wartawan, kita dari gugus tugas provinsi selaku koordinator, mengingatkan saja karena kepentingan informasi adalah untuk kepentingan orang banyak, terutama untuk masyarakat Bangka Barat,” ujar dia.

ABP menambahkan Kabupaten Bangka barat khususnya pelabuhan Tanjung Kalian adalah salah satu akses pintu keluar masuk barang dan orang sehingga banyak hal dilakukan dan banyak pula informasi yang bisa disampaikan.

“Jadi sejak awal kita berharap gugus tugas Bangka Barat responsif dan sudah pernah kita sampaikan itu. Selain pro aktif dalam pengawasan hingga penanganan pasien yang terindikasi baik dari hasil rapid tes maupun swab, informasi juga penting disampaikan agar diketahui publik,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor : Nico Alp

Share.

About Author

redaksi@lensabangkabelitung.com'

Leave A Reply