Beberapa Penambang Kolong Kenari Koba Masuk DPO Polres Bangka Tengah

0

Lensabangkabelitung.com, Koba – Kepolisian Resor (Polres) Bangka Tengah menetapkan beberapa orang penambang yang melakukan aktivitas ilegal di Kolong Kenari Eks PT Koba Tin Desa Nibung Kecamatan Koba masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Ada beberapa orang (Penambang) yang kita terbitkan DPO dan akan tetap kita lakukan pencarian untuk dilakukan penegakan hukum,” ujar Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah Iptu Mulya Sugiharto kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 21 Mei 2020.

Terkait aktivitas tambang ilegal tersebut, kata Mulya, pihaknya baru mengamankan satu orang penambang karena melakukan penambangan tanpa Izin, baik IUP, IPR maupun IUPK di kolong kenari.

“Razia yang digelar hari Minggu kemarin kita juga berhasil mengamankan beberapa orang penambang berikut barang bukti perkara tersebut. Jadi yang DPO akan kita lakukan pencarian dan dilakukan penegakan hukum sama dengan yang telah diamankan,” ujar dia.

Mulya menambahkan pelaku akan dikenakan tindak pidana pasal 158 Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

“Yang bersangkutan melakukan penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sehingga kita jerat dengan pidana Pasal 158 Undang-undang Minerba,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Share.

About Author

redaksilensa@lensabangkabelitung.com'

Leave A Reply