NEWS

Viral Angin Utara Membawa Wabah, BMKG Nyatakan Itu HOAX !

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kabar yang beredar di banyak grup perpesanan instan WhatsApp sepanjang Kamis, 9 April 2020 menyebutkan dalam tiga hari ke depan akan ada arus angin dari Utara ke arah Selatan yang membawa wabah. Secara khusus, pesan yang viral itu melarang warga untuk keluar rumah meski hanya sebatas berjemur diri pada 10-12 April. Dengan alasan, angin dari Utara ke arah Selatan yang membawa penyakit akan melewati Indonesia menuju Australia.

Isi lengkap pesan berantai yang beredar di grup-grup WhatsApp, itu sebagai berikut:
kenapa kita dianjurkan untuk makai masker di tgl 10-12 April 2020.
“URGENT”
Sbg informasi
Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh…utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur, klu tdk sgt terpaksa..
Krn dlm 3 hari kedepan Arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian..
Tolong diinformasikan kpd teman2 yg tdk ada di grup ini…
Terimakasih…

Ketika dikonfirmasi Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Pangkalpinang, Kurniaji dengan jelas menyampaikan bahwa informasi tentang angin tersebut mengandung kebohongan alias hoax.

“Tentu saja itu hoax,” ujarnya Kamis malam, 9 April 2020, kepada Lensabangkabelitung.com.

Dia mengatakan BMKG sejauh ini tidak ada mengeluarkan pernyataan soal angin membawa wabah penyakit. “(Di pesan viral tersebut) tidak ada header, tidak ada lambang, dan tidak jelas siapa yang menyampaikan,” tuturnya.

Dia meminta kepada siapa saja untuk tak langsung mempercayai pesan berantai soal cuaca ataupun iklim. “(Masyarakat) lebih baik confirm dulu ke kami sebelum memutuskan utk men-share isu tersebut,” ujarnya mengingatkan.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button