Operasi Antik Menumbing 2020 Amankan 66 Tersangka Narkoba

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Giat operasi Polda Bangka Belitung beserta jajaran Polres dengan sandi Antik Menumbing 2020 selama 12 hari berhasil mengungkap 51 kasus penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang yang tersebar di berbagai daerah di Bangka Belitung.

Kapolda Bangka Belitung Brigadir Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan pihaknya turut mengamankan 66 orang tersangka dalam Operasi Antik Menumbing 2020 yang sudah dimulai sejak 24 Februari – 6 Maret 2020 tersebut. Total 66 orang tersangka tersebut terdiri 64 tersangka laki-laki dan 2 tersangka perempuan.

“Tersangka yang diamankan Polda Bangka Belitung sebanyak 10 tersangka, Polres Pangkalpinang 7 tersangka, Polres Bangka 17 tersangka, Polres Bangka Barat 9 tersangka, Polres Bangka Tengah 5 tersangka, Polres Bangka Selatan 9 tersangka, Polres Belitung 6 tersangka dan Polres Belitung Timur 3 tersangka,” ujar Anang saat konferensi pers hasil operasi antik di Mapolda Bangka Belitung, Kamis, 12 Maret 2020.

Jika dibandingkan tahun lalu, kata Anang, ada penurunan jumlah kasus yang diungkap. Dimana 2019 terdapat 62 kasus sedangkan di 2020 ada 51 kasus.

“Tapi untuk tersangka ada peningkatan dan cukup bagus karena ada 27 kasus dengan tersangka para bandar dan pengedar. Sedangkan untuk kuantitas dan kualitas barang bukti lebih baik tahun ini,” ujar dia.

Anang menuturkan pihaknya juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya sabu 161,34 gram, Ganja 272,41 gram, ekstasi 9 butir dan uang Rp 9,460 juta.

“Turut diamankan juga kendaraan roda dua sebanyak 16 unit, kendaraan roda empat 1 unit dan senjata api satu pucuk,” ujar dia.

Anang menambahkan dalam Operasi Antik Menumbing tersebut pihaknya menargetkan para bandar, kurir, pengguna dan produsen narkoba dengan target barang bukti narkoba golongan I dan golongan II.

“Sedangkan untuk lokasi sasaran yang kita bidik adalah pelabuhan, bandara, tempat hiburan malam, lingkungan tempat kerja, pendidikan, jasa pengiriman dan tempat-tempat yang menjadi tongkrongan anak muda,” ujar dia.

Penulis : vio

Share.

About Author

redaksilensa@lensabangkabelitung.com'

Leave A Reply