Unyil Begal Paling Dicari Tertangkap, Kapolda Babel Beri Atensi Khusus

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kapolda Bangka Belitung Brigjend Anang Syarif Hidayat memberikan atensi khusus terhadap kasus Samsul alias Unyil bin Zahir warga Kabupaten Bangka Tengah yang merupakan begal berbahaya dan paling dicari atas serangkaian kasus kriminalnya di Pulau Bangka.

Unyil sebelumnya berhasil ditangkap oleh anggota Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung, Selasa, 18 Februari 2020 lalu. Bahkan petugas harus bertindak tegas dan terukur kepada Unyil dengan menembak kedua kakinya akibat berusaha melarikan diri dan melawan petugas saat akan ditangkap.

“Kami akan beri penekanan khusus kepada JPU dan menginfokan ke penegak hukum lain agar hal seperti ini dapat atensi. Kalau hukumannya ringan saja saya kira tidak relevan dan tidak akan membuat jera yang bersangkutan,” ujar Anang saat konferensi pers dengan wartawan di Mapolda Bangka Belitung, Jumat, 21 Februari 2020.

Menurut Anang, kasus Unyil menjadi perhatian pihaknya karena Unyil merupakan orang yang sudah lama dicari polisi. Unyil sendiri diketahui sudah beberapa kali melakukan kejahatan yang sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Tersangka Unyil ini juga residivis yang sudah dua kali melakukan kejahatan. Dia pernah dipenjara selama lima bulan di Lapas Bukit Semut pada 1999 dan ditahan lagi di Lapas Tua Tunu pada 2004 dengan kejahatan yang sama. Setelah keluar malah semakin banyak kejahatannya. Jadi ini perlu diatensi agar hukumannya tidak ringan,” ujar dia.

Anang menuturkan pihaknya mengamankan banyak barang bukti hasil kejahatan yang dilakukan Unyil, diantaranya 14 unit sepeda motor, mesin chainsaw, mesin dinamo, mesin kandang ayam hingga televisi.

“Modusnya beragam mulai menggunakan kunci palsu, kunci T dan langsung melakukan kekerasan. Contohnya saat Unyil mencuri mesin dinamo dimana dia menembak penjaga gudang dengan senapan angin dan membuat penjaga gudang tersebut terluka,” ujar dia.

Anang menambahkan pihaknya juga berhasil menangkap Mustari alias Kojek bin Baharudin yang merupakan penampung barang-barang hasil kejahatan yang dilakukan Unyil.

“Sedangkan untuk rekan tersangka Unyil, yakni Heri saat ini sedang dalam pengejaran dan sudah masuk dalam DPO. Saya perintahkan anggota untuk terus mengejar Heri ini,” ujar dia.

Penulis : vio

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply