Kriminalitas Meningkat Dipicu Masalah Ekonomi, 57 Pencuri di Babel Ditangkap Selama 2020

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 57 orang pelaku pencurian berhasil ditangkap oleh Polda Bangka Belitung dan jajaran selama 2020. Meningkatnya kejahatan konvensional pencurian ini sebagain besar dilakukan pelaku karena terhimpit masalah ekonomi.

Kapolda Bangka Belitung Brigjend Anang Syarif Hidayat mengatakan pihaknya menerima 87 laporan polisi hasil laporan korban kejahatan yang tersebar di seluruh wilayah Bangka Belitung.

“Dari laporan 87 kasus yang kita terima, yang berhasil kita ungkap ada 56 kasus dengan tersangka yang diamankan mencapai 57 tersangka terdiri 53 tersangka laki-laki dan 4 tersangka perempuan,” ujar Anang saat konferensi pers dengan wartawan di Mapolda Bangka Belitung, Jumat, 21 Februari 2020.

Menurut Anang, tingginya angka kriminalitas untuk tindak pidana pencurian tersebut paling banyak terjadi karena terdesak persoalan ekonomi.

“Januari sampai Februari 2020 kasus yang menonjol yang sangat meresahkan masyarakat adalah kaitannya dengan pencurian, baik itu pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan maupun pencurian kendaraan bermotor. Banyak juga pencurian biasa,” ujar dia.

Menurut Anang, ada tiga daerah di wilayah hukum Polda Bangka Belitung yang paling banyak terjadi kasus konvensional tindak pidana pencurian, yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Selatan.

“Yang paling banyak mengungkap kasus adalah Polres Pangkalpinang dengan 16 kasus. Ditreskrimum Polda Bangka Belitung sebanyak 9 kasus dan Polres Bangka 7 kasus,” ujar dia.

Anang menambahkan kepolisian mengimbau masyarakat di Bangka Belitung untuk kembali mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) untuk mengurangi aksi kriminal pencurian di wilayah masing-masing.

“Kita harus mempersempit ruang dan kesempatan orang untuk berbuat jahat. Peran serta masyarakat perlu ditingkatkan. Saling bekerja sama dengan masyarakat di lingkungan sekitar,” ujar dia.

Penulis : vio

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply