Mulkan Serahkan Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha Kecil

0

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Mulkan serahkan sertifikat halal kepada pelaku usaha. Sebanyak delapan ertifikat halal tersebut terdiri dari lima sertifikat kegiatan pemotongan unggas skala kecil dan tiga sertifikat prima 3 khusus untuk usaha buah dan sayur.

Sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Mulkan setelah membuka kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi dan Aman (B2SA) di Hotel ST12 Sungailiat, Senin (7/10/2019).

“Sertifikat halal ini dikeluarkan oleh BPOM MUI provinsi untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. Saya juga sangat mendorong pelaku usaha kecil lainnya yang belum memiliki sertifikat ini untuk segera mengusulkan ke MUI kabupaten dulu,” ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya sertifikat halal tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan pelaku usaha dalam memberikan perlindungan bagi konsumennya.

“Dengan adanya sertifikat halal ini artinya konsumen tidak perlu khawatir lagi barang yang dijual oleh pedagang karena sudah terjamin kebersihan dan kehalalannya,” terang Mulkan.

Saat ini sudah ada 17 sertifikat halal yang diterbitkan oleh BPOM MUI Provinsi Babel untuk pelaku usaha di Kabupaten Bangka sejak tahun 2017 lalu.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri mengatakan untuk mendapatkan sertifikat halal harus melalui beberapa tahap dan pengecekan di lokasi langsung.

“Kita hanya merekomendasikan saja, untuk pengeluaran sertifikat halal ini dari provinsi. Ini berlaku untuk semua jenis usaha tapi memang harus diperiksa dulu untuk mengetahui layak atau tidak,” ungkapnya.

Apabila tidak layak, lanjut dia, maka pihaknya akan memberitahu apa yang harus diperbaiki sehingga bisa dilakukan perbaikan oleh pelaku usaha.

Penulis : Vera

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply