MoU Polda Babel dengan Konsorsium BMSR, Jamin Kelancaran Investasi KEK Tanjung Kelayang

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung melakukan penandatangan nota kesepahaman dan pedoman kerja teknis konsorsium Belitung Maritime Silk Road (BMSR) selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang Belitung. MoU ini dilakukan untuk mendapatkan jaminan keamanan investasi dan kelancaran pembangunan KEK Tanjung Kelayang.

Direktur Utama PT Belitung Pantai Intan perwakilan konsorsium BMSR, Adek Julian mengatakan kerjasama tersebut sangat mendukung pihaknya lebih nyaman dalam berinvestasi karena suasana kondusif. Apalagi kerjasama sebelumnya sudah berjalan dengan baik.

“Kita tidak bisa duga kedepannya. Kerjasama ini merupakan perpanjangan dari kerjasama yang sudah terjalin dua tahun lalu. Kita harapkan ini bisa terus berjalan sampai investasi selesai,” ujar Adek di Gedung Tribrata Mapolda Babel, Kamis, 3 Oktober 2019.

Terkait kendala gugatan masyarakat terkait status lahan, kata Adek, pihaknya juga dibantu kepolisian dalam penyelesaiannya.

“Lahan itu pendapat saja. Jadi masyarakat mengatakan demikian. Waktu itu juga dibantu polisi untuk menangani soal ini. Cobalah kalau anda punya lahan itu sebutkan dimana. Kasih tahu sama-sama biar bisa selesai. Sampai sekarang sudah tidak ada apa apa,” ujar dia.

Kapolda Bangka Belitung Brigadir Jenderal Istiono mengatakan Polri akan mendukung dan membackup penuh aspek keamanan di KEK Tanjung Kelayang, mulai dari pembangunan, pengoperasian hingga pengamanan aset-aset milik konsorsium BMSR.

“Kesepakatan ini menunjukkan bagaimana Polri sangat mendukung aspek keamanan kawasan ekonomi khusus. Ini sebuah keharusan kita untuk mengawal dan memastikan pembangunan kawasan itu sesuai kebijakan presiden yang ingin investasi berjalan dengan aman, lancar dan nyaman disana tanpa gangguan apa pun,” ujar dia.

Istiono menambahkan investasi di KEK Tanjung Kelayang merupakan barometer pembangunan kawasan pariwisata yang akan menjadi daya tarik untuk investasi pembangunan lainnya.

“Pembangunan kawasan ini memang perlu fokus dan prioritas. Di Bangka juga sedang mengusulkan kawasan ekonomi khusus. Tapi dari cerita teman pengelola pariwisata, yang dibutuhkan di Bangka adalah pengembangan wisata lokal. Tapi apapun itu tentu akan kita bantu keamanan dan kelancaran pihak-pihak yang ingin berinvestasi,” ujar dia.

Penulis : Vio

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply