Mantan Kepala Dinas ESDM Babel Suranto Wibowo Ditahan

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Suranto Wibowo resmi ditahan oleh Penyidik Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung. Suranto ditahan terkait dugaan korupsi proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Kajati Bangka Belitung Aditya Warman mengatakan Suranto merupakan salah satu dari tiga tersangka kasus korupsi proyek PJU yang ditangani Kejati Babel. Sebelumnya dua tersangka lain, yakni pelaksana lapangan proyek, Chandra dan Direktur PT Nicko Pratama Mandiri, Hidayat sudah terlebih dahulu ditahan.

“Tidak kooperatif karena berupaya menghindar pemanggilan penyidik dengan mengajukan permohonan berobat karena setelah itu tidak diketahui lagi keberadaannya. Kita lakukan pengejaran. Setelah tahu posisi tersangka, kita bekerja sama dengan intelijen Kejaksaan Agung menangkap tersangka saat sedang menikmati makan malam di salah satu restoran di daerah Cisarua, Jawa Barat, sekitar pukul 21.00 WIB malam tadi,” ujar Aditya kepada wartawan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Selasa, 8 Oktober 2019.

Aditya menuturkan pihaknya sudah membuntuti tersangka sejak pagi kemarin, mulai dari tersangka keluar rumah, berkunjung ke Karawaci hingga menuju ke arah Bandung.

“Kita sudah memberikan kesempatan kepada tersangka yang ingin berobat. Tersangka juga tidak kooperatif saat ditangkap dan berkelit. Atas dasar itu kita tangkap,” ujar dia.

Menurut Aditya, pelaksanaan proyek PJU yang tersebar di 100 titik di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur itu telah membuat total lost sehingga negara dirugikan sebesar Rp 2,9 miliar.

“Sementara ini baru tiga tersangka yang semuanya ditahan. Tidak memungkinkan akan ada penambahan tersangka baru,” ujar dia.

Penulis : vio

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply