Gubernur Letakan Batu Pertama Bedah Rumah CSR di Beltim

0

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan lauching dan peletakan batu pertama pembangunan rumah warga, melalui Program Bedah Rumah “Mengabdi untuk Negeri Menuju Babel Sejahtera”, di Desa Baru, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis sore, 10 Oktober 2019.

Sebanyak tujuh unit rumah akan dibangun di tujuh kabupaten/kota, terdiri dari Pangkalpinang di Kelurahan Gedung Nasional, Desa Batu Belubang (Bangka Tengah), Desa Jurung (Bangka), Desa Pongok (Bangka Selatan), Desa Cupat (Bangka Barat), Desa Tanjung Binga (Belitung), dan Desa Baru (Beltim).

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas prakarsa Forum CSR Kesejahteraan Sosial Babel bersama Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) melalui program bedah rumah. Program ini dinilai sangat membantu dalam meringankan masyakarat, sekaligus tidak membebani APBD.

“Pemprov Babel akan terus mendorong perusahaan untuk ikut membantu pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat melalui Forum CSR. Tahun ini setiap kabupaten/kota mendapat bantuan satu unit rumah. Mudah-mudahan tahun depan mendapat tiga unit rumah untuk setiap kabupaten/kota,” harap Gubernur.

Selain kegiatan CSR dari dunia usaha, kata Gubernur, Pemerintah juga membantu melalui program kegiataan penyediaan rumah layak huni sekitar 200 unit se Babel. Program ini, masih akan berlanjut pada tahun depan dengan bersumber dari APBD.

Gubernur mengatakan, bantuan untuk meringankan beban masyarakat tidak serta merta menjadi tanggungjawab pemerintah sepenuhnya, melainkan tugas bersama dari pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

“Kalau beban yang berat ini, kita berbagi bersama tentu akan terasa lebih ringan. Melalui Forum CSR ini, mari kita bantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan, kita bina dan kita sejahterakan mereka,” ajak Gubernur.

Gubernur mengharapkan Forum CSR dapat terus berkomunikasi dengan masyarakat yang rumahnya akan dibangun. Serta dapat ditindaklanjuti dengan membantu memberdayakan potensi mereka. Melalui upaya tersebut diharapkan para penerima program bedah rumah tahun ini bisa ikut membantu yang lain di tahun-tahun berikutnya.

Gubernur juga berharap adanya pembinaan melalui gerakan-gerakan ekonomi kemasyarakatan. Pihak perbankan diminta dapat melirik potensi ekonomi dan pariwisata yang bisa dikembangkan di kawasan tersebut. Antara lain melalui penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memberdayakan UMKM, sehingga bisa dirasakan geliatnya beberapa tahun ke depan.

Ketua Forum CSR Kesos Babel, Andrian Wahyudi menyebutkan, sebanyak tujuh unit rumah yang akan dibangun disupport oleh PT Stelindo Wahana Perkasa (SWP), PT PLN, PT Refin Bangka Tin, PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir, serta PT Timah Tbk.

“Kegiatan ini, diinisiasi rekan-rekan Forum CSR, TKSK, Karang Taruna dan PSM, di bawah pemberdayaan Dinas Sosial Provinsi Babel dan Kabupaten/Kota. Ke depan, harapan kami dapat meningkatkan jumlah unit rumah yang akan dibangun, agar bisa membantu pemerintah sehingga tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di Babel,” jelasnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Dinas Sosial Provinsi Babel, Doddy Dirnadi, berharap dunia usaha memiliki komitmen kuat untuk bersama-sama pemerintah dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam menangani berbagai permasalahan sosial. Salah satunya melalui program bedah rumah CSR.

“Unsur PSKS yang terlibat dalam program Bedah Rumah “Mengabdi untuk Negeri Menuju Babel Sejahtera” terdiri dari Forum CSR, Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),” terang Doddy.

Sedangkan Direktur PT Satelindo Wahana Perkasa (SWP) Abdul Hadi mengatakan, pihaknya selalu mengedepankan program sosial untuk meringankan beban masyarakat sekitar. Selama ini, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit tersebut sudah membangun belasan rumah layak huni untuk warga sekitar.

Kegiatan launching dan peletakan batu pertama bedah rumah dilengkapi dengan penyerahan 100 paket santunan dan bantuan kepada anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

Penulis : ADV/HumasPro/Ismail Muridan/Supri

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply