Ayo Cari Tahu Apa Itu PRB, Mulai Jumat di Alun-alun Taman Merdeka

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Bencana tak ada yang menginginkan. Namun pengetahuan dan kesiapan untuk menghadapinya, mutlak diperlukan. Agar bisa menyelamatkan diri dan meminimalisir jatuhnya korban, bila sewaktu-waktu bencana menerjang.

“Kenapa waktu terjadi gempa di Fukushima, itu korbannya sedikit, karena masyarakatnya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat gempa datang,” kata Kepala Seksi Pengerahan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Prastato, Kamis, 10 Oktober 2019, ketika ditemui di sela persiapan menjelang pameran dalam rangka Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang.

Kegiatan PRB secara nasional, tahun ini dipusatkan di Bangka Belitung. Selain pameran, ada field trip, rally PRB, jambore relawan, jambore komunitas, fun walk, seminar, lomba kreativitas, dan talkshow. Berlangsung pada tanggal 11-13 Oktober 2019.

Di lokasi luar pameran, BNPB memperlihatkan berbagai peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh lembaga tersebut, untuk dikenali oleh masyarakat. Misalnya, ada perahu karet, mobil makanan, mobil toilet, water treatment portable, tenda rumah sakit, dan lain-lain.

“Tujuannya agar masyarakat bisa tahu. Bahkan, di tenda rumah sakit itu bisa menangani sampai bedah besar pun bisa dilakukan,” ujarnya.

Dengan mengambil tema “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi”, Prastato berharap masyarakat bisa senantiasa siaga bila sewaktu-waktu datangnya bencana, dapat mengurangi dan bahkan turut berkontribusi mencegah adanya bencana.

“Masyarakat harus tahu, apa yang dilakukan pertama saat bencana. Pengalaman bencana di luar negeri yang banyak selamat karena sudah tahu apa itu bencana dan penanganannya. Jangan sampai kurang sosialisasi, harus dipastikan semua tahu,” tuturnya.

Sebagai langkah pencegahan, dia mencontohkan dapat dimulai dari diri sendiri dengan misalnya terbiasa untuk mengurangi hadirnya sampah plastik. “Salah satunya dengan membawa botol minuman sendiri,” ujarnya.

Di acara PRB ini, BNPB tak sendirian. Tapi melibatkan juga lintas sektor untuk bersama memberi pengetahuan kepada masyarakat. Ada PMI, kepolisian, Basarnas, TNI, dan lain-lain.

Karena pentingnya memahami bencana, Prastato mengajak masyarakat untuk beramai-ramai datang ke lokasi pameran. Serta, tak sungkan untuk bertanya kepada para petugas yang ada di lokasi.

“Satu lagi, masyarakat bisa juga berpartisipasi menyumbangkan darahnya. Donor darah besok di lokasi,” ujarnya.

Penulis : Donny Fahrum

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply