Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh Serahkan Bantuan Kelompok Tani Desa Sarang Mandi

0

Lensabangkabelitung.com, SARANG MANDI – Sebanyak 5 ekor induk sapi diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh kepada kelompok subur tani dengan ketua sahrul fadli dan Kelompok Tani Ara Berdiri dengan ketua riski.

Penyerahan berlangsung di Gedung Kesenian Desa Sarang Mandi Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah dalam suatu acara Temu Kelompok petani. Kamis (5/09/2019).

Bantuan lain yang juga diserahkan adalah mesin pembuatan pakan ternak sapi 1 unit untuk kelompok tani ara berdiri, mesin Hand Tractor 1 unit kelompok subur tani dan bantuan Saprodi Cabe Merah (benih, mulsa, pupuk kimia, pupuk organik, pestisida untuk lahan 1 Ha).

Program ini merupakan program sinergi integrasi Sapi Sawit melalui swasemda produksi daging di Bangka Tengah yang sudah dicanangkan oleh Bupati Ibnu sejak 2 tahun yang lalu untuk pemberdayaan masyarakat.

Dalam sambutannya Ibnu Saleh mengatakan agar desa mengganggarkan kegiatan yang bersifat pemberdayaan peternak masyarakat dalam rangka meningkatkan populasi ternak dibangka Tengah dan “desa wajib mengganggarkan seperti indukan sapi, alat-alat dan mesin pertanian (alsintan) dan sarana produksi serta juga perlu sarana kesehatan hewan melalui Dana Desa”Ujar Ibnu.

Dengan adanya alat alat tersebut mempermudah petani dalam melakukan budi daya pertanian maupun pertenakan,” Ungkap Ibnu.

Bupati Ibnu mengatakan, bantuan yang sudah diserahkan hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Penyerahan merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam melaksanakan visi dan misi Bupati dalam mengimplementasikan program untuk memajukan kesejahteraan petani. “jelas Ibnu.

Lanjut Ibnu “Hendaknya para petani mampu memanfaatkan bantuan yang dikucurkan oleh Pemerintah melalui Dana Desa. Manfaatkan bantuan yang diserahkan dengan sebaik-baiknya bagi peningkatan kesejahteraan petani,” kata Ibnu Saleh.

Petani juga diminta mampu menyelesaikan kendala-kendala dalam bidang pertanian. Selain itu, Ibnu menyampaikan agar diselenggarakan temu petani sekaligus siraturahmi sesama petani, “ujar Ibnu.

Dimana, hasil dari temu siratuhmi nantinya dapat mensinergikan penyusunan rencana kerja, mewujudkan hubungan timbal balik antara kelompok tani dan pemerintah khusus nya Bangka Tengah serta mendukung dan mensingkronkan visi misi Pemerintah Bangka Tengah, “ungkap Ibnu.

“Siraturahmi ini sama-sama kita harapkan, suatu kemajuan bagi sinergitas program petani dan visi misi pemerintah Bangka Tengah sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan bagi para petani,” ujar Ibnu

“Terakhir dalam sambutannya Ibnu menyampaikan siraturahmi sesama kelaompok tani dapat kita manfaatkan bagi penguatan kelembagaan bagi kelompok petani, “tutur Ibnu.

,”jadi Petani juga harus mandiri ok, “Harus didamping kek penyuluh e biar hasil e bagus, maka sama-sama petani harus belajar dengan kelompok yang lah dulu bertani,” kata Ibnu.

Kepala Desa Sarang Mandi Haji Samsumin menuturkan, “kegiatan pembedayaan masyarakat untuk petani ini akan menjadi agenda rutin yang terus diselenggarakan oleh pemerintah Desa Pak, “Kata Samsumin kepada Bupati Ibnu dan undangan lainnya.

Lanjut Samsumin juga mengatakan ” kegiatan ini diharapkan petani juga dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan dari pemerintah untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan peran serta kelembagaan petani dalam menyukseskan pembangunan pertanian yang berdaya saing dan berkelanjutan khususnya di desa sarang mandi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Dinsos PMD, Perwakilan Dinas Pertanian, Perwakilan Dinas Pangan, Kabag Humas dan Protokol, Sekcam Sungai Selan, Kepala Desa, Ketua BPD, Perwakilan Polsek Sungai Selan, Babinkamtibmas, PPL se Kec. Sungai Selan, para Kelompok Tani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan yang hadir.

Penulis : Hendri

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply