Pemkab Bateng Salurkan Pupuk Kepada 200 Petani Lada

0

Lensabangkabelitung.com, Koba – Bupati Bangka Tengah, Ibnnu Saleh salurkan bantuan pupuk kepada 200 petani lada di daerah itu, yang dilakukan di Desa Nibung. Kegiaan juga dihadiri perwakilan dari Dinas Pangan, perwakilan Dinas Pertanian, Camat Lubuk Besar, Kepala Desa Lubuk Besar, beserta Penyuluh pertanian. Rabu.(07/08)

“Bantuan pupuk ini kami salurkan kepada petani lada di Desa Nibung untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan petani,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh.

Ia menjelaskan, penyaluran bantuan pupuk tersebut bagian dari upaya meningkatkan produksi buah lada petani di daerah itu.

“Pemerintah daerah terus mendorong petani untuk mengembangkan perkebunan lada dengan menyalurkan bantuan pupuk, bibit dan peralatan pertanian,” ujarnya.

Ia mengatakan, sektor pertanian terutama komoditas lada tetap menjadi andalan daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kendati harga masih belum sampai pada level tertinggi.

“Kami minta peran para penyuluh untuk terus membina para petani lada untuk meningkatkan produksi lada,” ujarnya.

Bupati mengakui produksi lada petani di daerah itu masih jauh dari harapan, bahkan jumlahnya lebih sedikit dibanding petani lada di negara lain seperti Vietnam.

“Rata-rata produksi lada petani di daerah ini hanya 0,6 ons per batang, ini harus terus ditingkatkan minimal mencapai satu kilogram per batang lada,” ujarnya.

Penulis : hendri

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply