Kelurahan Matras Siap Tanggulangi Bencana 

0

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kelurahan Matras siap menanggulangi bencana,serta Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana, dengan diselenggarakan dialog Interaktif bersama wakil Bupati Bangka Syahbudin dan masyarakat sekitar. 

Ridwan Lurah Matras mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka sendiri sudah mempunyai beberapa program penanggulangan bencana.

“Ya, kemarin kita ada dialog tentang tanggap bencana. Dalam kegiatan juga disampaikan program Pemkab Bangka yang salah satunya adalah peningkatan kesiagaan bencana dan pencegahan bahaya kebakaran maupun yang lainnya,” jelas Ridwan, Rabu (7/8/2019) di Sungailiat. 

Dikatakan Ridwan para peserta diberikan pelatihan SAR operasional dan pelatihan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

Menurutnya, kebakaran lahan sering terjadi di wilayah Matras, terutama di musim kemarau saat ini. Kebakaran sendiri dipicu oleh tangan-tangan jahil oknum yang tidak bertanggungjawab. 

“Kadang masyarakat sendiri yang buat itu (kebakaran). Jadi mumpung musim panas kan, jadi mereka mau buka lahan, dibakar,” ungkapnya.

Selaku Lurah Ridwan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan seperti ini agar setidaknya aparat pemerintahan yang ada di kelurahan serta masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan ketika menghadapi suatu bencana.

Ridwan juga sempat memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak ceroboh melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan masyarakat luas seperti membakar lahan di musim kemarau. 

“Itu kan bahaya juga. Polusi udara juga kan dampak dari asap pembakaran itu. Kasian masyarakat yang lain,” katanya.

Ketika ditanyai tentang perlu atau tidaknya diterapkan sanksi kepada oknum yang tidak bertanggungjawab membuat kebakaran lahan, dikatakannya, mungkin dapat diusulkan, agar tidak terjadi kembali kejadian tersebut. 

“Di matras ini sering terjadi. Kalau dibuat sanksi, ya tergantung pemerintah daerah. Saya rasa perlu, tapi nantinya kalau juga ada, harus berdasarkan pengkajian lagi lebih dalam tentang sanksinya,” kata Ridwan.

Penulis : Vera

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply