Bupati Bangka Kukuhkan Paskibraka Bangka 

0

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 30 putra putri Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangka dikukuhkan oleh Bupati Bangka Mulkan Sh,Mh,Kamis (15/8/2019) di Rumah Dinas Bupati Bangka.

Putra putri inilah yang nantinya akan mengibarkan bendera merah putih di halaman kantor bupati pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Pengambilan sumpah sekaligus penyematan tanda anggota paskibraka menandakan telah resminya menjadi peserta pengibar bendera di tingkat Kabupaten Bangka.

“Setelah dilakukan pengukuhan ini bukan serta merta selesai tugas, melainkan ada beban tanggung jawab besar yang harus diselesaikan yaitu pada saat tanggal 17 Agustus nantinya,” ujar Bupati Bangka, Mulkan.

Pendidikan dan pelatihan yang telah dilalui sejak 30 Juli kemarin diharapkan mampu menempa kecakapan dalam pengibaran bendera nantinya. Saat 17 Agustus seluruh mata akan tertuju pada prosesisi pengibaran bendera yang dikenal akan momentumnya yang sakral.

“Proses pengibaran bendera harus sukses, dan para paskibraka juga harus jaga kesehatan agar nantinya bisa lancar. Kepada para pelatih juga harap memberikan pelatihan yang berimbang agar tidak terlalu letih,” ungkap Mulkan.

Sementara itu, tanggungjawab pembawa baki saat penaikan bendera nantinya akan diemban oleh Melanisaputri siswi XI SMA Negeri 1 Pemali. Sedangkan saat penurunan nantinya akan diamanahkan kepada Rihar Tanti Aprilita.

Terpilihnya pemegang baki saat pengibaran dan penurunan setelah dilaluinya penilaian oleh pelatih. Penilaian yang terdiri dari kecakapan dalam pasukan baris berbaris serta kefokusan menjadi tolak ukur dalam pemilihan petugas pembawa baki.

Bupati Bangka, Mulkan mengharapkan kegiatan upacara nantinya dapat berjalan dengan lancar. Karenan ini merupakan kali perdana Mulkan menjabat selaku pembina upacara dalam kepemimpinannya sebagai Bupati Kabupaten Bangka.

Sebagai bentuk apresiasi kepada paskibraka nantinya, Pemkab Bangka akan memberikan sedikit penghargaan. Salah satu nantinya akan melakukan study banding keluar sekaligus memberikan liburan kepada seluruh anggota paskibraka tahun 2019.

Penulis : Vera

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply