Sosialisasi Aturan Penggunaan Competent Person Ekspor Timah Sudah Sejak 2015

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI menegaskan penanganan masalah pertambangan timah dari hulu ke hilir bisa diperbaiki dengan koordinasi antar lintas instansi. Termasuk didalamnya adanya kesulitan para smelter timah swasta yang mengeluh sulit melakukan transaksi ekspor, terkait mencari Competent Person.

Perwakilan Kementerian ESDM Sufriyanto mengatakan kesulitan mendapatkan Competent Person Indonesia (CPI) sebagai syarat pengajuan RKAB seharusnya tidak terjadi karena sudah disosialisasikan sejak 2015 lalu.

“Soal CPI, itu sebetulnya tidak sulit selama prosedurnya terpenuhi. CPI adalah bagian yang harus dipenuhi oleh teman-teman smelter karena itu untuk meyakinkan investor dan listing ke bank. Agar mendapat angka yang benar, harus dihitung oleh orang yang benar. Orang yang benar adalah yang memiliki kemampuan dan berkompeten,” ujar Sufriyanto kepada wartawan usai rapat dengan DPRD Bangka Belitung terkait tata kelola pertambangan timah di Gedung DPRD Bangka Belitung, Jumat, 14 Juni 2019.

Menurut Sufriyanto, Keputusan Menteri ESDM nomor 1827 tahun 2018 sudah mengatur soal CPI. Bahkan Peraturan Dirjen sudah memberikan waktu kepada pihak smelter sejak 2015 lalu.

“Saat Perdirjen dikeluarkan 2015, pihak perusahaan diberikan 2 tahun. Seharusnya 2017 sudah ada. Sekarang sudah 2019, berarti sudah 4 tahun. Masa tidak bisa mengkursuskan satu orang dari karyawannya jadi CPI. Ini wajib karena RKAB (Rencana Kerja Anggaran Biaya) harus ditandatangani orang yang sudah punya kompetensi,” ujar dia.

Sufriyanto menambahkan apa yang menjadi pokok persoalan yang disampaikan dalam RDP dengan DPRD Bangka Belitung merupakan fakta yang ada di lapangan. Sehingga penyelesaiannya tidak bisa dilakukan dalam satu kali pertemuan karena sudah lintas instansi.

“Saya lihat memang ada miss komunikasi saja. Artinya tidak terjadi sesuatu yang diperburuk dengan kondisi-kondisi isu yang disampaikan. Bisa diperbaiki semuanya,” ujar dia.

Penulis : Vio

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply