Dinsos Pemdes Bangka Berikan Bantuan Bagi Veteran dan Janda Veteran

0

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Peringati Hut RI pada 17 Agustus 2019 Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa Kabupaten Bangka, akan menyalurkan bantuan berupa uang sebesar Rp 4.6 juta per orang bagi para veteran dan janda veteran, yang ada di Kabupaten Bangka.

Bantuan tersebut diberikan dalam dua tahap yakni pada saat memperingati Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus dan pada Hari Pahlawan 10 November 2019 nanti.

“Bantuan uang tersebut merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Bangka kepada keluarga para pejuang yang pernah membela tanah air.Sesuai data, calon penerima program bantuan ini sebanyak 22 orang terdiri dari tiga orang veteran dan 19 orang janda veteran,” ungkap Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa Kabupaten Bangka, Arman Agus melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa, H. Asadi ,Jum’at (28/6/2019) di Sungailiat. 

Terkait rencana pemberian bantuan kepada keluarga para pejuang tersebut,pihak Dinas Sosial dan Pemberdayaan Kabupaten Bangka, pihaknya terus melakukan koordinasi dan pembaharuan data bagi calon penerima termasuk mendatangi rumah yang bersangkutan sehingga pada saat pemberian bantuan nantinya benar-benar tepat sasaran.

“Saat ini kami sedang berproses mengusulkan salah satu veteran dari Desa Labu, Afif (93) untuk menjadi veteran sehingga yang bersangkutan nantinya mendapatkan hak menerima bantuan,” katanya.

Pembaharuan data veteran dapat diajukan masyarakat umum apabila mengetahui adanya veteran atau janda veteran yang masih hidup di lingkungan sekitarnya, usulan data tersebut nantinya akan dicek dan diajukan kepada pimpinan daerah untuk disetujuinya.

Dasar untuk menentukan seseorang masuk dalam kategori veteran terdapat empat kategori yaitu, pejuang 45, pejuang Timor-Timur, Pejuang Papua, dan pejuang PBB, dari data yang ada di Kabupaten Bangka terdapat dua orang pejuang 45 dan satu orang pejuang Timor-Timur.

Penulis : Vera

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply