Ini Penyebab Harga Sawit Anjlok Versi Polda Babel

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Penyelidikan Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung terhadap industri sawit di Bangka Belitung menemukan tiga hal pokok persoalan yang membuat harga Tandan Buah Segar (TBS) anjlok.

“Yang pertama adalah mata rantai pembelian TBS terlalu panjang sehingga harga TBS yang dibeli kolektor dari petani rendah dikarenakan pabrik kelapa sawit menilai TBS dari petani tidak memenuhi persyaratan sesuai pasal 13 Peraturan Menteri Pertanian Nomor 1 Tahun 2018,” ujar Kapolda Bangka Belitung Brigadir Jenderal Istiono kepada wartawan, Rabu 13 Februari 2019.

Permasalahan yang kedua, kata Istiono, disebabkan perusahaan atau pabrik kelapa sawit tidak dapat menampung TBS petani mandiri dengan alasan tempat penampungan CPO milik perusahaan sangat terbatas.

“Sedangkan yang ketiga dikarenakan tidak adanya pabrik pemurnian hasil CPO di Bangka Belitung sehingga CPO dari Bangka Belitung dijual dan dikirim perusahaan ke pabrik pemurnian yang ada di Dumai,” ujar dia.

Istiono menuturkan pihaknya memberikan saran kepada pemerintah daerah untuk dapat memutuskan mata rantai pembelian TBS kelapa sawit yang dikuasai kolektor karena menyebabkan harga menjadi rendah ditingkat petani.

“Selain itu, kita menyarankan kepada pemerintah daerah mengundang investor untuk membangun pabrik kelapa sawit atau mencari pabrik kelapa sawit diluar Bangka Belitung untuk menerima produk TBS petani serta membangun pabrik pemurnian CPO,” ujar dia.

Istiono menambahkan pihaknya menemukan indikasi oligopsoni dalam industri sawit Bangka Belitung setelah pihaknya melakukan penyelidikan.

“Dalam alur dan mata rantai perdagangan Tandan Buah Segar (TBS), muncul kolektor sawit yang menampung dan membeli TBS petani. Kita menemukan indikasi adanya keterkaitan antara badan usaha dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Seharusnya tidak boleh ada kolektor dan kerjasama dengan perusahaan karena memunculkan oligopsoni,” ujar dia.

Penulis : vio

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply