Dokter Yanuar: Kami dari RSBT Minta Maaf

0

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kehilafan seorang tenaga kesehatan di Ruang Kebidanan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang dalam pelayanan terhadap calon pasien Rahayu tiga pekan lalu, disesalkan Pjs. Direktur RSBT Pangkalpinang, dr. Yanuar Soenartono. Apalagi akibat kehilafan itu membuat calon pasien harus melakukan persalinan di kabin mobil sebelum tiba di rumah sakit yang dituju.

Karenanya, mewakili manajemen RSBT Pangkalpinang, Yanuar menyatakan permohonan maaf secara terbuka kepada keluarga Rahayu dan seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas insiden itu. Ia berjanji RSBT akan memperbaiki kinerja tenaga kesehatan dan berkomitmen penuh untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

“Kejadian yang lalu harus menjadi cambuk bagi seluruh tenaga kesehatan di RSBT Pangkalpinang untuk bersikap baik, memberi layanan dengan hati dan peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan kesehatan. Atas nama manajemen RSBT, kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Bangka Belitung, terutama keluarga Rahayu atas kehilafan tenaga kesehatan kami,” kata Yanuar.

Dia mengaku meski baru hitungan minggu memimpin RSBT Pangkalpinang, namun sudah mendalami perihal serta sebab musabab kehilafan oknum tenaga kesehatan di rumah sakit itu. Atas saran dan masukan sejumlah pihak, Yanuar bertekad untuk memperbaiki kinerja tenaga kesehatan dan meningkatkan fasilitas, peralatan dan mutu layanan di RSBT.
“RSBT Pangkalpinang ini milik seluruh masyarakat Bangka Belitung.

Kami mohon dukungan, doa dan saran pendapatnya agar kami dapat tumbuh lebih besar. Kita berkomitmen kedepan akan memberikan pelayanan yang seprima mungkin agar predikat paripurna RSBT dapat terealisasi dengan baik, seperti saran Gubernur Bangka Belitung kepada seluruh rumah sakit,” ujarnya.

Beberapa komitmen RSBT Pangkalpinang kepada pasien dan seluruh masyarakat diantaranya, bersedia memberikan pelayanan prima kepada calon pasien, pasien dan peserta BPJS sesuai dengan panduan klinis/standar operasional yang berlaku, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi rumah sakit.
Akan memberikan respon pertolongan dengan cepat, dan tanggap terhadap setiap kebutuhan pelanggan/pasien. Terutama terhadap pasien gawat darurat.
Segera mensosialisasikan budaya kerja dan budaya melayani masyarakat sebagai prinsip RSBT Pangkalpinang untuk menjadi rumah sakit percontohan.
Mengendalikan keabsahan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta BPJS Kesehatan tanpa membeda-bedakan dengan pasien lainnya.

Berupaya melaksanakan program rujuk balik ke fasiitas Kesehatan Primer dan menyediakan sistem antrian yang dikelola dengan baik dan sistem informasi ketersediaan ruang perawatan dan rawat inap.

Akan berupaya memberikan keamanan baik dalam hal keamanan pengobatan/pelayanan (patient safety), keamanan lingkungan, maupun keamanan dari bahaya lainnya.

Kemudian RSBT Pangkalpinang berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani dengan semangat reformasi birokrasi terbaik dalam upaya peningkatan kualitas hidup pasien serta masyarakat Bangka Belitung serta akan membangun komitmen bersama untuk terus maju dan berkembang dengan pembenahan struktur organisasi, tupoksi tata kelola rumah sakit, perawatan alat-alat, prmbangunan ruang perawatan fasilitas kesehatan serta perbaikan lingkungan fisik di semua unit pelayanan.

Selain itu, terus menggerakkan mindset staf dan tenaga kesehatan untuk bergerak lebih cepat menuju rumah sakit yang paripurna.

Adv

Share.

About Author

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Leave A Reply